Tersenyum

Tersenyum

Senin, 22 Oktober 2012

DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP ANAK SEBAGAI CONTOH MANUSIA DAN PENDERITAAN



Manusia adalah makhluk social yang mengalami bermacam-macam lika-liku kehidupan. Di mana didalam pemenuhan kebutuhan hidupnya akan selalu tergantung dengan manusia lain. Dalam usahanya untuk hidup, manusai sering mengalami kegagalan. Dari kegagalan dalam belajar, berkarya, bergaul, maupun kegagalan dalam bercinta. Dalam menghadapi kegagalan tersebut,tergantung dari kita sendiri sebagai manusia bagaimana kita mempersiapkan segala sesuatunya. Ada yang menganggap bahwa kegagalan itu adalah suatu hal yang wajar karena kita nanti mendapatkan pengalaman dari suatu kegagalan. Dipihak lain ada yang menganggap kegagalan merupakan suatu pengalaman yang pahit dalam hidupnya atau merupakan suatu penderitaan.
Mahluk bernyawa memiliki sifat ingin tepenuhi segala hasrat dan keinginannya. Tetapi perlu di pahami mahluk hidup itu selalu membutuhkan perbaikan dalam dirinya, seperti memerlukan bahan pangan untuk kelangsungan hidupnya, membutuh air dan udara, dan membutuhkan penyegaran rohani berupa ketenangan. Apabila tidak terpenuhi manusia akan mengalami penderitaan. Dan bila sengaja tidak di penuhi manusia telah melakukan penganiayaan. Namun bila hasrat menjadi sebuah tolak ukur untuk selalu di penuhi akan membawa pada kesesatan yang berujung pada penderitaan kekal di akhirat.
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita itu sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat penderitaan lahir maupun batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga dapat menentukan berat tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal menuju kenikmatan dan kebahagiaan. Penderitaan akan dialami oleh setiap orang, hal itu sudah merupakan “risiko” dalam hidup. Allah memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang kadang-kadang bermakna agar manusia itu sendiri sadar untuk tidak memalingkan dariNya. Untuk itu pada umumnya manusia telah diberikan tanda atau wangsit sebelumnya. Tanda atau wangsit itu dapat berupa mimpi sebagai pemunculan rasa tidak sadar dari manusia pada waktu tidur, atau mengetahui melalui membaca koran tentang terjadinya penderitaan. Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap yang positif ataupun sebaliknya yang negative. Sikap negative misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, atau ingin bunuh diri. Kelanjutan dari sikap negatif ini dapat timbul sikap anti. Sedangkan Sikap positif yaitu sikap optimis dalam mengatasi penderitaan, bahwa hidup bukanlah rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan.
Di dalam islam penderitaan didasarkan pada gagasan fundamental dari ketidaksempurnaan hidup manusia. “Sesungguhnya, kami telah menciptakan manusia dalam kehidupan rasa sakit, kerja keras dan percobaan (Quran 90:4).” Manusia ada di bumi ini sehingga iman mereka pada Tuhan diuji.Tesnya tentu membutuhkan bencana dan kemalangan. “Dan yang paling pasti kita harus mencoba Anda dengan cara ketakutan, kelaparan, dan kehilangan barang-barang duniawi, hidup atau buah tenaga kerja. Tetapi memberikan kepada tiding senang orang-orang yang sabar dalam kesulitan, yang ketika bencana menimpa mereka, berkata, “Sesungguhnya kepada Allah kita milik dan sesungguhnya kepada-Nya kami akan kembali ‘(2:155-156).”
Baik dalam Al Quran maupun kitab suci agama lain banyak surat dan ayat yang menguraikan tentang penderitaan yang dialami oleh manusia atau berisi peringatan bagi manusia akan adanya penderitaaan. Tetapi umumnya manusia kurang memperhatikan peringatan tersebut sehingga manusia mengalami penderitaan. Berbagai kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan. Banyaknya macam kasus penderitaan sesuai dengan lika-liku kehidupan manusia.
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat sangat ramah ,menghargai perbedaan, menghormati antar sesama dan berakhlak baik. Dalam menyelesaikan masalahpun masyarakat Indonesia selalu dengan musyawarah ,sehingga mencapai persetujuan yang sama. Sekarang masyarakat indonesia sangat berbeda, Saat ini masyarakat Indonesia mengalami krisis moral sehingga mereka berpikir pendek, tidak menghargai perbedaan, sangat labil emosinya dan malas. Mengapa hal ini terjadi ? hal ini terjadi dikarenakan masyarakat sulit menyaring informasi dari media seperti TV, Internet, majalah dan lain lain. Informasi yang baik dan buruk mereka langsung terima begitu saja dan di aplikasikan di kehidupan mereka tanpa berfikir lagi. faktor lainnya , dikarenakan pembangunan ekonomi yang tidak merata, hidup tidak sejahtera dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya.
Akibat adanya globalisasi pada teknologi ada dampak buruk dan baik. Sehingga kita perlu berhati hati dan waspada terhadap informasi yang kita terima. Tidak semua informasi harus kita terima dengan mudah dan dilakukan di kehidupan. Banyak budaya luar yang seharusnya kita tidak dapatkan, misalkan gaya hidup yang kurang baik , etika berbicara yang kasar, mengikuti mode pakaian yang terlalu terbuka dan lain lain yang menyebabkan hilangnya budaya pancasila dan aturan agama yang diabaikan, hal ini sudah di rasakan dengan fakta fakta yang terjadi dilingkungan kita misalnya dimanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana untuk melakukan penipuan , melakukan penghinaan terhadap agama/SARA, pornographi dan mempelajari hal yang tidak baik. Hal itu disebabkan kemajuan teknologi pada system jaringan yang tidak di saring informasi buruknya. Dampak  baik adanya globalisasi adalah komunikasi dapat dilakukan dengan cepat. Teknologi selalu berkembang dengan pesat, komputer dan handphone sebagai sarana nomor satu dalam mencari informasi , pemahaman masyarakat terhadap internet semakin tinggi dalam jaringan serta pemanfaat komputer dan sistemnya, semakin kreatifnya anak bangsa dalam melakukan proses pembelajaran, mempermudah pekerjaan misalnya internet banking, membeli barang, bersosialisasi, mencari pekerjaan dan info lainnya.
Pada anak-anak atau remaja perkembangan teknologi ini ada yang dimanfaatkan dengan baik ataupun sebaliknya. Semakin kreatifnya anak bangsa dalam pemahaman terhadap internet semakin tinggi dalam jaringan serta pemanfaat komputer dan sistemnya semakin tampak dampak buruk yang akan diterima oleh anak itu. Contohnya kehadiran video game di tengah-tengah laju teknologi dewasa ini telah turut mewarnai dunia anak di seluruh dunia. Video game telah membawa pengaruh besar terhadap perkembangan pribadi dan adaptasi anak bahkan, tidak sedikit anak yang berubah menjadi pecandu game sehingga lupa jati diri mereka yang sesungguhnya.
Video game tampaknya sudah melanda dunia anak-anak dan orang dewasa. Permainan ini sangat cepat sekali tersebar di seluruh dunia dengan jumlah peminat mencapai jutaan orang. Meski demikian, keberadaan video game tetap saja menjadi pro dan kontra, mengingat efek-efek yang ditimbulkannya.
Kebiasaan anak bermain game ternyata membawa berbagai pengaruh terhadap diri mereka, seperti kesehatan, kepribadian, pendidikan, keluarga dan masyarakat. Beberapa  penyakit atau cedera yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan bermain game, yaitu stress, RSI, kerusakan mata, maag, epilepsy. Dalam kepribadian dampaknya akan seperti berikut seperti suka mencuri, malas, suka bolos sekolah, suka berbohong, kurang bergaul, menjadi agresif. Didalam pendidikan akan berdampak pada prestasi yang menurun. Sedangkan, anak kurang beradaptasi dengan lingkungan, akan menyendiri atau sibuk sendiri.
Contoh kasusnya adalah Tim dari belanda yang mengaku tidak mempunyai seorang kawan pun akibat menghabiskan waktunya untuk bermain game. Hubungan dengan keluarganya pun berantakan. Ia hidup didalam kamar yang dilengkapi dengan 4 televisi, mesin console X-Box 360, playstation 2, X-B0x 1 dan sebuah laptop untuk bermain game online. Ia hidup sebagai pecandu game selama 17 tahun dan hanya memiliki teman-teman didunia maya.
Untuk mencegah pengaruh game itu tidak menyebabkan anak-anak semakin bertindak konyol , harus dimilai melalui orang tua, lembaga pendidikan, dimulai dari peran orang tua. Karena anak-anak adalah fase meniru. Maka  dari itu, orang tua harus lebih memperhatikan kebiasaan si kecil dengan cara mengarahkanya pada aktivitas yang produktif dan sehat. Sedangkan peran guru yaitu guru diharapkan bisa ikut aktif mengawasi anak agar tidak menjadi kecanduan bermain game. Ada beberapa mengatasi kecanduan game oleh gurunya yaitu beri pengertian, lakukan razia, perkenalkan permainan baru,beraktivitas bersama. Terlepas dari itu , ingatlah bahwa memperlakukan anak-anak yang berusia dibawah 10 tahun berbeda dengan anak-anak remaja. Anak yang berusia di bawah 10 tahun bisa diperlakukan tegas bila mulai menampakan gejala-gejala kecanduan game. Sementara itu, untuk anak-anak yang beranjak dewasa caranya memisahkan mereka dari PS hendaknya dilakukan dengan pendekatan khusus. Jangan bertindak seperti “POLISI” yang menghardik tetapi dengan cara bicarakanlah hal tersebut dengan dewasa.
Bermain video game bagi anak-anak sah-sah aja, mengingat juga merupakan sarana hiburan yang mendidik. Melalui permainan video game, anak-anak akan memiliki wawasan yang luas seputar teknologi,disamping juga melatih kinerja otak untuk dapat berpikir secara cepat dalam menyelesaikan masalah, menumbuhkan ambisi untuk menjadi yang terbaik, serta mengendurkan urat saraf. Tetapi, untuk mengatasi resiko yang dapat timbul karena kecanduan video game berikut caranya : orang tua sebaiknya mendampingi anak ketika bermain video game, pilih game yang sesuai untuk anak dalam hal isi, tema, dan lain-lain, video game sebaiknya mengandung unsure-unsur pendidikan. Jadi sebaiknya orang tua harus bisa memilih dan memilah video game yang baik untuk anaknya. Karena, video game ini juga dibutuhkan untuk merangsang saraf otak pada anak.

SUMBER :
Rini A, 2011,Menanggulangi Kecanduan Game On-Line Pada Anak,Jakarta : Pustaka mina
Mustopo, M.H,1983, Ilmu Budaya dasar Kumpulan Essay-Manusia dan Budaya, Surabaya  : Usaha Nasional

CINTA KASIH PERSAUDARAAN



Kebanyakan orang melihat masalah cinta ini pertama-tama sebagai masalah dicintai, lebih daripada itu masalah yang dicintai yaitu masalah kemampuan orang untuk mencinta, maka masalahnya bagi mereka ialah bagaimana supaya dicintai. Setiap oerang membutuhkan kebutuhan untuk mencinta dan dicintai.
Salah satu anugerah dari tuhan adalah cinta, ia ada di dalam setiap diri manusia, karena itu ia bersifat universal. Ia berkaitan dengan aspek terdalam pada diri manusia karena itu akal kita takkan mampu memahami hakikatnya dengan kata lain, cinta hanya untuk dirasakan bukan untuk dipikirkan. Sulit juga untuk dipungkiri bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia. Dalam perjalanan hidup, manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya cinta. Cinta akan selalu ada dalam suatu dimensi yang manusia. Manusia diciptakan  dengan penuh cinta, dan tanpa cinta manusia tak akan lahir. Manusia diciptakan di jagad bumi untuk mengembangan cinta dari tuhan sebagai khalifah  di muka bumi..
Manusia merupakan makhluk sosial yang dalam kehidupannya tidak dapat hidup sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain.dan cinta kasih itu adalah suatu perasaan yang dimiliki oleh semua manusia tanpa terkecuali yang dapat muncul dengan sendirinya baik itu kepada teman atau bahkan orang lain yang belum kita kenal sekalipun,oleh karna itu hubungan keduanya manusia dan cinta kasih memang sangat mempunyai keterkaitan.setiap manusia pasti mempunyai yang namanya rasa cinta kasih kepada sesamanya melalui perasaan yang di miliki oleh manusia, dan hal ini memang tidak bisa di pisahkan keduanya berjalan secara bersamaan,dan juga manusia harus mempunyai rasa cinta kasih terhadap siapapun tanpa terkecuali agar dapat tercipta kehidupan yang rukun dan damai satu dengan yang lainnya.
Cinta adalah curahan rasa peduli dari hati yang dimiliki setiap manusia terhadap apa yang membuat diri mereka nyaman terhadap sesama manusia dan mahluk lainnya. Cinta itu timbul karena adanya ketertarikan antara satu sama lain. Sedangkan kasih adalah rasa sayang terhadap sesama. jadi cinta kasih adalah rasa kepedulian manusia terhadap sesamanya maupun mahluk lain sehingga menimbulkan rasa kasih sayang.
Sedangkan Cinta Kasih adalah perasaan yang terdapat pada manusia yang meliputi rasa senang, sayang, suka, ataupun belas kasihan terhadap seseorang. Setiap manusia pasti memiliki rasa cinta kasih, karena memang sudah takdirnya dan merupakan kodrat manusia untuk saling menyayangi. Dan atas dasar itu, manusia dapat mempertahankan keturunannya.
Cinta kasih tidak hanya sekedar cinta belaka, akan tetapi cinta kasih itu timbul dari lubuk hati manusia yang sifatnya kekal dan tak akan pernah berubah. Dengan cinta kasih ini, manusia akan selalu berbahagia dan menderita di dalam hidupnya. Cinta sebagai keperluan fundemantal memang tidak mudah diterangkan atau didefenisikan. Selain itu juga manusia dan cinta kasih merupakan dua hal yang sangat penting terutama cinta kasih. Apa jadinya klo didunia ini tidak ada yang namanya Cinta kasih??. Tentu dunia ini akan penuh dengan individualisme,yang dimana hidup sendiri-sendiri, mengurus urasan masing-masing tidak memperdulikan lingkungan yang disekitarnya. Hal ini memang seharusnya dicegah oleh kita agar tidak terjadi dalam kehidupan manusia agar hal seperti di atas tadi tidak terjadi dan menjadi nyata.
Tetapi, menyatakan cinta adalah suatu orientasi yang menunjukan pada segalanya dan bukan kepada salah satu hal saja. Hal itu berarti tidak ada perbedaan diantara tipe-tipe cinta yang berdasarkan objek. Adapun tipe-tipe cinta adalah :
A.    Cinta Persaudaraan
Persaudaraan adalah cinta diantara sesama, tetapi sungguh baik jika kita sebagai sesame tidak selalu “sama” sejauh kita bersifatmanusiawi, kita ini semua membutuhkan bantuan orang.
B.     Cinta Keibuan
Adalah penguatan tanpa syarat terhadap hidup dan kebutuhan anak. Penguatan hidup anak mempunyai 2 segi, yang pertama adalah perhatian dan yang kedua adalah tanggung jawab yang mutlak perlu demi perkembangan hidup anak dan pertumbuhannya.
C.     Cinta terhadap Allah
Orang yang beriman, dengan aqidahnya ia dapat menembus rahasia alam, sehingga ia mencintai Allah pemberi kehidupan, sumber segala yang ada, sumber pertolongan dan bantuan. Ia akan mencintai Allah seperti cinta seseorang pada keindahan, ia telah melihat jejak ciptaannya di alam yang kokoh ini. "Dia-lah dzat yang telah memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan." (QS. As-Sajdah: 7)
mencintai Allah karena  manusia mencintai kesempurnaan. Pada hakekatnya tiada kesempurnaan selain kesempurnaan Allah SWT, mencintai Allah karena ia mencintai perbuatan baik. Jiwa manusia mempunyai watak mencintai orang yang berbuat baik padanya. Lantas perbuatan baik manakah yang dapat menyamai perbuatan Dzat yang telah menciptakannya dari tiada, dan menjadikannya sosok manusia yang sempurna? Lebih dari itu lagi, Allah telah menundukkan semesta alam ini hanya untuk manusia. "Apakah kalian tidak melihat bahwa Allah telah menundukkan untuk kalian apa saja yang ada di langit dan di bumi." (QS. Luqman: 20) .
Karenanya cintanya kepada Allah, mestinya melebihi cinta seorang manusia kepada kedua orangtuanya, bahkan melebihi cinta kepada istri, anak dan dirinya sendiri. Ia mencintai segala sesuatu yang datang dari hatinya dan segala sesuatu yang dicintai Allah. Ia mencintai kitabnya yang diturunkan untuk melepaskannya dari dari kegelapan menuju terang benderang, mencintai nabinya yang diutus sebagai rahmat kepada alam semesta, mencintai setiap manusia pelaku kebaikan dan perdamaian. Ia berdo'a seperti do'a Rasulullah SAW, "Ya Allah, berilah aku karunia mencintai-Mu dan mencintai orang-orang yang Kau cintai, dan jadikanlah cintamu itu lebih aku sukai daripada air yang dingin."
D.    Cinta hidup dan kematian
Seorang mu'min mencintai hidup seperti ia mencintai alam. Kehidupan bukanlah penjara yang harus dijauhi, akan tetapi merupakan missi yang harus dilaksanakan dan nikmat yang harus disyukuri. "Janganlah salah seorang dari kalian mengharapkan mati dan memohonnya sebelum datang kepadanya, karena sesungguhnya bila ia mati terputus amalnya dan bertambah umur seorang mukmin bertambah kebaikannya." (HR. Muslim). Orang mukmin mencintai hidup karena dengannya ia dapat menegakkan hak Allah di bumi, dan iapun mencintai mati karena dengan kematianlah ia dapat dengan segera menemui Tuhannya. "Barangsiapa mencintai bertemu dengan Allah, maka Allahpun mencintai bertemu dengannya." (HR. Bukhari-Muslim).
E.     Cinta diri sendiri
Freud beranggapan bahwa cinta adalah manifestasi nafsu sexual yang diarahkan kepada orang lain, diarahkan pada dirinya sendiri atau cinta diri. Berpegang bahwa pribadi yang mementingkan diri itu bersifat “narsisistis”, seolah-olah ia telah menarik cintanya dari orang lain dan mengalihkan nya pada diri sendiri.

Dalam kasus cinta persaudaraan ada kasus tentang seorang adik yang memiliki kakak yang keterbelakangan mental ( down syndrome ) ia memanggil kakaknya  dengan sebutan nama “loe”, yang berbeda dengan masa-masa kebelakang yang dimana setiap adik atau orang yang lebih muda memanggil ke orang lebih tua dengan sopan. Dan berani membentak ibunya. Ini adalah contoh kasusnya :
Ada gadis remaja yang bernama Angel yang berusia 15 tahun ,ia memiliki seorang kakak yang tidak normal atau bisa dibilang keterbelakangan mental ( cacat ) nama penyakitnya adalah down syndrome. Angel memanggil kakaknya dengan sebutan loe karena dia tidak bisa menerima keadaan kakaknya yang cacat atau down syndrome penyakit yang membuat pikiran nya walau sudah berusia 18 tahun tetapi berpola pikir mundur 10 tahun. Secara matematika , hendra yaitu nama kakaknya seperti anak yang baru berusia 8 tahun. Walaupun angel begitu malu memiliki kakak yang cacat dan sangat-sangat membencinya, namun sang kakak tidak pernah membenci angel sekecil apapun , Hendra tidak pernah bersedih hati, ia tetap setia memberikan kasih sayang seorang kakak terhadap adiknya.. contoh : ia setiap pagi selalu mengantarkan susu dan makan ke kamarnya angel,meskipun iya sudah dibentak-bentak angel untuk tidak menggangunya dan diusir dari kamar angel, ia selalu menabung untuk memberikan hadiah ulang tahun Angel,sebaliknya Angel tidak pernah memberikan hadiah ulang tahun untuk kakak nya. Ia lebih mementingkan memberikan hadiah ulang tahun untuk teman dekatnya ( pacar ) dan uang nya itu hasil dari pemberian si hendra.
Ada suatu kejadian yang membuat Angel Sadar bahwa Hendra adalah kakak segalanya di dalam keterbatasan yang hendra miliki, dia mungkin bukanlah kakak yang sempurna tapi dia adalah kakak yang terbaik yang diciptakan tuhan untuk ada disampingnya sebagai malaikat yang menjaga, mencintai bahkan menyelamatkan hidupnya. Suatu ketika Angel mengalami kecelakaan dimana tidak ada seorang pun yang mampu menyelamatkan nyawanya selain hendra. Demi cintanya kepada sang adik, Hendra rela berkorban apapun termasuk nyawanya sendiri untuk Angel dan akhirnya Angel menyadari dan menyesali bahwa selama ini dia terlalu jahat terhadap kakaknya.
Jadi kita sesama saudara tidak boleh saling membenci bagaimanapun keadaan atau fisik saudara kita, Karena merekalah yang akan rela mempertaruhkan nyawanya demi saudara nya sendiri dan merekalah orang yang tulus mencintai kita.

 SUMBER :
http://mirzaanggaraputri.blogspot.com/2010/10/hubungan-manusia-dan-cinta-kasih.html
http://fhnbarock.blogspot.com/2012/04/hubungan-manusia-dengan-cinta-kasih.html
http://vitopatresi.blogspot.com/2011/03/hubungan-manusia-dan-cinta-kasih.html
Mustopo, M.H,1983, Ilmu Budaya dasar Kumpulan Essay-Manusia dan Budaya, Surabaya  : Usaha Nasional

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR



Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah Inggris yaitu “ THE HUMANITIES” . adapun istilah Humanities tersebut berasal dari bahasa latin yaitu Humanus yang dapat diartikan manusiawi,berbudaya, dan halus. Dengan mempelajari the Humanities diandaikan seseorang itu akan bisa menjadi lebih manusiawi,lebih berbudaya, dan lebih halus. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa The Humanitic berkaitan dengan masalah nilai-nilai, yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia yang berbudaya. Agar manusia bisa menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanistic di samping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri. Apa yang dimasukkan ke dalam the humanities masih dapat diperdebatkan, dan kadang-kadang disesuaikan dengan keadaan dan waktu.
 Dalam sederhananya IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan. Pengertian Ilmu Budaya Dasar secara luas yang dimana ilmu pengetahuan yang sudah mempelajari segala tentang budaya dan ilmu budaya dasar berperan penting dalam suatu masyarakat yang dimana dapat mengembangkan kepribadian kita serta wawasan kita mengenai budaya,seperti aspek kesenian adat istiadat,bahasa suatu bangsa untung lebih mengenal budaya yang ada dalam bangsa. ketika seseorang yang memiliki ilmu budaya dasar, mengerti untuk bisa mengembangkan kepribadian kita serta wawasan kita mengenai budaya atau apapun ilmu yang berguna bagi kita ,dan dengan ditambahkan norma norma kesusastraan yaitu keindahan dan keserasian, maka hasilnya akan jauh berbeda
Pengetahuan budaya  dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian cabang ilmu ( disiplin ) seni dan filsafat. Keahlian ini dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain,seperti seni sastra, seni tari, seni music, seni rupa, dan lain-lain. Karena seni adalah ekspresi yang sifatnya tidak normatif, seni lebih mudah berkomunikasi. Karena tidak normatif, nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya.
Hampir disetiap jaman, sastra mempunyai peranan yang lebih penting. Alasan, karena sastra mempergunakan bahasa. Sementara itu, bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pemyataan kegiatan manusia. Dengan demikian, manusia dan bahasa pada haketnya adalah satu. Kenyataan inilah mempermudahkan sastra untuk berkomunikasi. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi, karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstrak. Sementara itu filsafat, yang juga mempergunakan bahasa, adalah abstraksi. Cinta kasih, kebahagian, kebebasan, dan lain yang digarap oleh filsafat adalah abstrak. Sifat abstrak inilah yang menyebabkan filsafat kurang berkomunikasi. Karena seni memegang peranan penting , maka seniman sebagai pencipta karya seni juga penting, meskipun ada yang lebih penting yaitu karyanya. Seniman itu hanya sebuah media penyampaian nilai-nilai kemanusiaan.
 Sedangkan ilmu budaya dasar ( basic humanitics ) sebagaimana dikemukakan diatas , adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian-pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Masalah-masalah ini sendiri dapat kita kita dekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( the humanitics ), baik secara gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya ataupun dengan menggunakan masing-masing keahlian di dalam pengetahuan budaya. Dengan kata lain , ilmu budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan yaitu  kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam, kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran, kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi, Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional.
Ilmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia. Unsur-unsur kebudayaan terdiri dari Sistem Religi/ Kepercayaan,sistem organisasi kemasyarakatan, Ilmu Pengetahuan, Bahasa dan kesenian, Mata pencaharian hidup, serta Peralatan dan teknologi.
Tujuan dalam mempelajari Ilmu Budaya Dasar adalah lebih peka terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya serta lebih bisa bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut, mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri, Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri, mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan kebudayaan, memiliki latar belakang pengetahuan yang luas tentang kebudayaan Indonesia, menimbulkan minat untuk mendalaminya, mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri dengan kreatif, tidak terjerumus pada sifat kedaerahan dan pengkotaan disiplin ilmu, agar mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun, dan terjalin interrelasi antara cendikiawan yang berbeda keahlian agar lwbih positif dan komunikatif.
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah dikemukakan tersebut diatas, 2 masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian matakuliah Ilmu Budaya Dasar ( IBD ). Kedua masalah pokok tersebut adalah :
a.       Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( the Humanistic ), baik baik dari segi masing-masing keahlian di dalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan ( antar bidang ) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b.      Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudan nya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat. Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam,social dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, akan tetapi juga ketidakseragaman yang diungkapkan secara tidak seragam, sebagaimana terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapkan, pikiran dan perasaan, tingkah laku dan hasil kelakuan nya.
Nampak dengan jelas bahwa manusiamenempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai subjek akan tetapi sekaligus obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, sesama manusia , dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan  Tuhan menjadi tema sentral dalam ilmu budaya Dasar ( IBD ).
Rumusan masalah-masalah yang akan dikaji dalam ilmu budaya dasar diformulasikan kedalam satu tema yaitu :
A.      Manusia dan cinta kasih
a.       Kasih sayang
b.      Kemesraan
c.       Pemujaan
B.      Manusia dengan keindahan
a.       Renungan
b.      Kehalusan
c.       Keserasian
C.      Manusia dan penderitaan
a.       Rasa sakit
b.      Kesyahidan
c.       Siksaan
d.      Kesengsaraan
e.      Neraka
D.      Manusia dan keadilan
a.       Kejujuran
b.      Pemulihan nama baik
c.       Pembalasan
E.       Manusia dan pandangan hidup
a.       Cita-cita
b.      Kebajikan
F.       Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
a.       Kesadaran
b.      Pengorbanan
G.     Manusia dan kegelisahan
a.       Keterasingan
b.      Kesepian
c.       Ketidakpastian
H.      Manusia dan harapan
a.       Kepercayaan
b.      Harapan
Dari masalah-maslah tersebut terlihat bahwa orientasi dalam ilmu budaya dasar memang tidak terlepas dari masalah-masalah manusia.

SUMBER :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dalam-kesusastraan-4/
http://hadi-detected.blogspot.com/2011/05/konsep-ilmu-budaya-dasar-dalam.html
http://imanizty.wordpress.com/2012/06/06/tujuan-ilmu-budaya-dasar/
http://blognyayuwwdi.blogspot.com/2011/12/ilmu-budaya-dasar.html
Mustopo, M.H,1983, Ilmu Budaya dasar Kumpulan Essay-Manusia dan Budaya, Surabaya  : Usaha Nasional

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN YAHOO!


Yahoo adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo!Inc. yang dirintis oleh David Filo dan Jerry Yang. Yahoo pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku) ide itu berwala pada bulan April tahun 19994.Yahoo sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik lebih dari setengah milyar pengunjung setiap bulanya ke situs-situs yang memiliki 30 bahasa.
Yahoo ini memiliki kekurangan dan kelebihan nya.
Kelebihan Yahoo :
1. paling berguna dan lengkap (induk dari segala yahoo), karena menyediakan banyak fitur, mulai dari informasi-informasi seperti berita dalam negeri maupun luar negeri yang tiap hari selalu update banyak fitur yang disediakan oleh yahoo. mulai dari mesenger, answer, dan lainnya.,.
2. menyediakan layanan email (yahoo mail) yang dikenal paling memuaskan dan terkenal.
3. bisa nonton video-video koleksi yahoo maupun shared dari orang lain.
4. denger lagu, main game online, dan ngechat di yahoo pun bisa (yahoo messanger).
5. tampilan lebih minimalis, hal ini menguntungkan bagi pengguna yang baru menggunakan yahoo messenger.
6. mudah mengakses, untuk chat di yahoo messenger lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa mendownload aplikasi tersebut yang membuang waktu.
7. Kecepatan pencarian Search Engine ini 3.8 % .
8. Keakuratan pencarian 3.7 %.
9. Cara penggunaan 3.9 %.
10. Fasilitas Tambahan 3.3 %.
11. Perbandingan dengan search engine lain paling komplit
Kekurangan Yahoo :
1. lama aksesnya
2. sering terjadi pembobolan password,menjadikan tidak aman.
3. loadingnya lama.
4. lama brawsingnya.
5. kapasitas emailnya sangat terbatas.
6. software pendukung masih kurang.
7. Untuk mail, model pengaturan pesannya masih konvensial per pesan, sehingga bila tergabung dalam mailing-list akan sedikit merepotkan (belum terpilah berdasarkan thread topik).
8. Untuk iklan relatif lebih banyak dan mengandalkan graphics sehingga terkadang agak lambat diakses.
9. upload file agak lama.
10.kadang server bermasalah.
11.kapasitas melampirkan file maksimalnya hanya 10 mb (untuk mail)

sumber :
http://www.pintunet.com/produk.php?vprod…
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/2210141-kelebihan-yahoo/
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091227081828AA9JkRc
http://i.d.wikipedia.org/wiki/yahoo! 
   


Minggu, 07 Oktober 2012

penting nya peran orang tua dan sekolah



Anak dalam proses perkembangannya untuk menuju proses kedewasaan sangat membutuhkan perhatian dari kaum pendidik yaitu orang tua yang dimaksudkan agar memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan anak agar mereka bisa tumbuh menjadi manusia yang mandiri. Kehidupan keluarga itu merupakan dasar yang sangat kuat bagi perkembangan anak selanjutnya. 
Maka dari itu Orang tua harus bisa memahami setiap pertumbuhan anaknya agar sesuai dengan kebutuhannya ,dan diperlukan sensitivitas dari orang tua terhadap berbagai ciri serta perubahan  fisik dan mental yang terjadi pada umur anak yang berkaitan dengan segi emosionalnya karena pendidikan anak yang dimulai dari lingkungan keluarga akan menumbuhkan rasa kepedulian ,kesadaran dan pengertian dasar tentang totalitas lingkungan . Interaksi dalam lingkungan keluarga ikut menentukan arah dari perkembangan si anak, contohnya anak akan menyimpan dalam memorinya apa yang dia lihat dan apa yang dilakukan oleh orang tua nya atau akan meniru perilaku dari orang tua nya. Pendidikan keluarga merupakan suatu wadah atau wahana yang mendasar untuk meningkatkan bentuk yang lebih harmonis dari perkembangan manusia. Oleh karena itu, seharusnya kehidupan keluarga itu menjadi kepedulian dari setiap orang atau dari pihak pemerintah dan masyarakat. Kesadaran tentang hal ini akan membawa kehidupan masyarakat kepada suatu taraf yang menjadikan keluarga sebagai pilar yang akan menentukan bagi kemajuan anaknya. 
Pendidikan diluar lingkungan keluarga adalah lembaga pendidikan (Sekolah) yang sebagai contoh kebutuhan bersama yang harus dilaksanakan secara teratur,terarah dan sistematik. Sekolah merupakan sebagai salah satu bentuk dasar yang bertugas membantu keluarga dalam membimbing dan mengarahkan perkembangan dan pendayagunaan potensi tertentu pada anak-anak karena sekarang sudah maju zamannya, keluarga tidak mungkin lagi untuk bisa memenuhi seluruh kebutuhan dan aspirasi generasi muda terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Semakin maju masyarakat,semakin penting lembaga pendidikan (sekolah) dalam mempersiapkan generasi muda sebelum masuk kedalam proses pembangunan masyarakat itu. Oleh karena itu sekolah sebagai pusat pendidikan mampu melaksanakan fungsi pendidikan secara optimal yaitu mengembangkan kemampuan meningkatkan mutu kehidupan dan martabat bangsa. Keadaan sekolah sebagai lembaga pendidikan berkewajiban untuk menghilangkan gangguan-ganguan siosial-psikologisnya. Contohnya anak didik yang tidak mematuhi tata tertib,tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR),mengganggu teman lain. Dengan ini bantuan sekolah dalam hal mendidik tidak mungkin mengurangi arti dan peranan keluarga dalam mendewasakan anak.
Contoh kasus perilaku siswa atau mahasiswa yang anarkis yang mempunyai suatu gangguan psikologisnya adalah :
v    Sejumlah mahasiswa saling serang saat terjadi tawuran di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) Parangtambung Makassar, Senin (18/6). Tawuran yang melibatkan mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Seni tersebut mengakibatkan sejumlah mahasiswa luka-luka, 8 unit motor hangus terbakar dan rusaknya sejumlah ruang perkuliahan. TEMPO/Hariandi Hafid.
Tawuran Itu terjadi bisa saja karena beberapa factor antara lain : 1. Karena ketersinggungan salah satu kawan , yang ditanggapi dengan rasa kesetiakawanan yang tinggi atau berlebihan. Contohnya pelajar tawuran yang dipicu  karena ketersinggungan seorang siswa yang tersenggol oleh pelajar sekolah lain saat berpapasan diterminal,mal,dll. 2. Permasalahan yang sudah mengakar dalam artian ada sejarah yang menyebabkan mengapa pelajar-pelajar dua sekolah,fakultas atau universitas saling bermusuhan contohnya doktrin senioritas terhadap siswa,dendam senior turun temurun yang diberikan kepada junior. 3. Jika jiwa premanisme yang tumbuh dalam jiwa pelajar atau mahasiswa. Jiwa premanisme dalam jiwa pelajar dapat dihilangkan karena dia tidak serta merta muncul begitu saja, ia disebabkan oleh suatu hal. Oleh karenanya, kita perlu mengetahui factor penyebab sikap premanisme dalam diri pelajar. Contoh nya adalah tayangan-tayangan televisi yang menceritakan atau menonjolkan tema-tema kekerasan dapat mempengaruhi psikis remaja, kekerasan yang terjadi dikeluarga dalam hal ini akan menyebabkan trauma atau kekerasan beruntun yang diakibatkan karena kekerasan adalah hal yang sudah biasa atau wajar. 4. Pikirannya sudah terganggu, sudah tidak memiliki akal lagi untuk berfikir sebagai contoh merusak barang-barang/benda-benda yang ada disekitarnya,melakukan tindakan kejahatan tanpa merasa bersalah. Tidak ada rasa saling menghargai. Tawuran ini bisa diredam karena bukan merupakan budaya yang ada disekolah aktivitas ini terjadi karena adanya warisan juga karena adanya yang dicontoh diluar dunia sekolah.
Dalam hal ini seharusnya orang tua lebih dekat lagi dengan anak-anaknya,pengawasan lebih ekstra ketat,harus lebih bisa mengayomi dengan agama,memberikan perhatian terhadap kegiatan pendidikan maupun pergaulan putra-putri baik didalam sekolah maupun diluar. 
Peran lembaga pendidikan sebenarnya harus membangun mental positive dari para anak didiknya baik dengan bekal motivasi maupun berbagai aktivitas yang harus disediakan sebagai fasilitasi mengisi waktu anak didik. Tidak hanya itu cara mendidik dalam lingkungan sekolah dan pola perhatian dari pihak sekolah sangat dibutuhkan. Kemudian sekolah juga perlu mengontrol hubungan alumni dengan para siswa jangan sampai alumni memberikan pengaruh negative . Sekolah  juga harus memberikan sanksi-sanksi yang tegas buat siswa-siswa yang sudah melanggar peraturan sekolah apalagi yang sudah berhubungan dengan tindakan criminal. Sosialisasikan kegiatan eskul yang bermanfaat bagi siswa diwajibkan untuk semua siswa agar mengikuti kegiatan eskul atau agama paling utama adalah kegiatan agama contoh kegiatan tadarus sebelum KBM dimulai,sholat dhuha dan solat dzuhur berjama’ah.
Sarannya agar melakukan tindakan pencegahan dengan menempatkan pos dan penjagaan ketat diwilayah rawan tawuran dengan batas-batas kewajaran,lembaga pendidikan dan orang tua seharusnya lebih mengedepankan pendidikan moral daripada angka-angka nilai,tingkatkan kepedulian kita terhadap anak-anak, tingkatkan keakraban dan silatuhrahmi antar sekolah maupun siswa dengan cara mengadakan perlombaan olahraga,cerdas cermat maupun outbound