Tersenyum

Tersenyum

Minggu, 26 Januari 2014

Polarisasi Kelompok
Apa sih yang dimaksud dengan Polarisasi kelompok?. Sebelum saya membahas tentang polarisasi kelompok, saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari polarisasi dan kelompok itu sendiri. Polarisasi menurut arti kata merupakan proses, perbuatan, cara menyinari, penyinaran, magnetisasi, dan pembagian atas dua bagian (kelompok yang berkepentingan) yang berlawanan. Polarisasi ini adalah sebuah kecenderungan ke arah yang ekstrem. Misalnya adalah ketika kita melakukan diskusi kelompok, awalnya kita memiliki pendapat yang tidak mendukung tetapi setelah kita melakukan diskusi kelompok sikap kita terhadap pendapat tersebut berubah menjadi pendapat yang mendukung. Sedangkan pengertian kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, meyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi (Cartwright&Zander, 1968; Lewin, 1948).
Mari kita lanjutkan ke materi intinya. Polarisasi kelompok adalah suatu gejala terkumpulnya pendapat dari kelompok pada satu pandangan tertentu. Polarisasi kelompok memiliki manfaat pada hasil rata-rata dari pendapat individu dari sebelum dan sesudah individu tersebut melakukan diskusi dengan kelompoknya. Polarisasi kelompok ini menjadi suatu fenomena karena polarisasi itu merupakan kecenderungan dari kelompok yang bisa menyebabkan pendapat individu tersebut berubah, baik berubah pada keputusan yang lebih bteliti ataupun sebaliknya. Ada factor yang mengubah kelompok tersebut yaitu sebuah informasi yang disampaikan selama diskusi kelompok itu berjalan mengenai suatu masalah. Selain itu, ada alternatif juga dalam mengambil keputusan yaitu yang dipilih adalah yang memiliki argument yang paling banyak jumlahnya.
Dari dua mekanisme utama, polarisasi kelompok mempunyai hasilnya yaitu perbandingan social dan pengaruh informasi. Pada perbandingan social lebih menilai pendapat dan kemampuan dari seseorang yaitu dengan cara membandingkan pendapatnya dengan pendapat dan kemampuan orang lain. Sedangkan berbicara mengenai pengaruh sosial informasional lebih ke apa yang terjadi ketika seseorang itu berada dalam situasi. Seseorang akan mencari orang lain untuk isyarat mengenai perilaku yang benar. Dalam polarisasi kelompok ini memiliki beberapa penyebab yaitu 
1. Perbandingan social
Yaitu melihat dari kemampuan orang lain. Dari pendapat kita dibandingkan lagi dengan pendapat 
orang lain.
2.      Diskusi kelompok.
terkumpulnya suatu ide-ide. Bisa jadi idenya itu sama.
3.      Tidak adanya prasangka
Setelah melihat dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa polarisasi kelompok merupakan suatu norma penentu arah untuk anggota kelompok yang berhubungan dengan persepsi diri (self-perception) dan presentasi diri (self-presentation) yang dikehendaki. Self presentation mengacu pada menampilkan diri dengan baik atau membuat sebuah kesan baik dihadapan orang lain.

Sumber :
Tri Handayani."Polarisasi Kelompok".19 Januari 2014
Cahya Intan."PTI Polarisasi Kelompok".19 Januari 2014
Anneahira."Komunitas Kelompok".19 Januari 2014
Oktavya."Pengertian Kelompok".19 Januari 2014
Glosarium."Definisi Arti".19 Januari 2014
Anna."Self Presentation".19 Januari 2014

KLIK DISINI untuk Bahasan yang Sama Dari Kelompok 1!!!
AjrinsyarafinaAisyahaskandariniAmadeashafiraAniandriani
Kelompok Kerja Virtual
Kelompok bisa didefinisikan sebagai dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk meraih tujuan bersama-sama. Sedangkan Tim adalah suatu kelompok yang mempunyai keterampilan yang bisa dikatakan saling melengkapi satu sama lain (anggotanya) untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien (Hunsaker, 2001). Setelah liat pengertian dari kelompok dan tim adalah dua konsep yang sangat berbeda.
Kelompok kerja adalah kelompok yang anggotanya itu saling berinteraksi satu sama lain dan saling berbagi informasi untuk  membuat suatu keputusan atau penyelesaian dalam bidangnya masing-masing dari para anggotanya. Sedangkan pengertian dari tim kerja adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual (Stephen, Timothy 2008). Maksud dari pengertian diatas adalah  kinerja dari suatu tim akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan kerja per individu itu sendiri, karena dalam suatu tim para anggotanya saling melengkapi dalam hal berbagi informasi dan bisa saling mengoreksi dan bisa mencapai tujuan bersama. Tugas dari tim ini seperti membuat suatu produk, memberikan layanan jasa, dll. Tim ini memiliki jenis-jenis seperti tim penyelesaian masalah, tim  kerja yang mengelola diri sendiri, tim lintas fungsional, dan tim virtual. Saya akan menjelaskan mengenai tim virtual karena saya akan menjelaskan definisi dari kelompok kerja virtual. Tim virtual itu sendiri adalah tim yang menggunakan suatu teknologi canggih seperti Komputer yang bertujuan untuk menyatukan para anggotanya yang secara fisik itu tidak bertemu atau terpisah guna mencapai tujuan bersama. Jadi singkatnya adalah anggota tim tersebut berdiskusi tanpa harus bertemu melainkan menggunakan komputer,laptop,handphone yang melalui jaringan internet.  Virtual itu sendiri adalah hal yang tidak tampak atau tidak nyata, tidak face to face.
Kelompok kerja virtual ini bisa dikatakan kelompok unik dalam internet karena kelompok kerja ini dilakukan dalam dunia maya atau interaksi antar anggotanya tidak bertemu secara langsung (face to face) melainkan menggunakan jaringan internet untuk membuat suatu keputusan atau para anggotanya saling mengadakan diskusi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Kelompok kerja virtual ini memungkinkan anggota suatu kelompok saling bekerjasama lewat metode online melalui teknologi seperti email, pesan instan,dll. Meskipun mereka dipisahkan oleh Negara bahkan benua mereka tetap masih bisa saling berkomunikasi satu sama lain antar anggotanya. Di sini kelompok kerja virtual menurut http://meidi-rendi.blogspot.com/2012/10/kelompok-kerja-virtual.html adalah  sebuah "ruang kerja" yang berlokasi di dunia internet, di mana seorang individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk melaksanakan bisnis profesional atau pribadi tanpa memiliki "fisik" lokasi usaha. Kelompok kerja virtual ini memiliki tujuan yaitu mengefisiensikan kerja. Seperti menghematkan biaya, dalam hal ini adalah penggunaan kantor secara fisik. Saat ini, selain pemanfaatan “ruang kerja” di dunia maya, kelompok kerja virtual juga merupakan suatu aplikasi lengkap termasuk komunikasi yang professional. Kelompok kerja virtual berarti dalam berinteraksinya atau melakukan diskusi dengan sesama anggota atau 1 kelompok tidak bertemu langsung tetapi menggunakan media online dengan melalui jaringan internet.

sumber 
Nano."Komunitas online polarisasi kelompok".16 Januari 2014
Meidi Rendi."Kelompok Kerja Virtual".16 Januari 2014
 Wikipedia."Tim".16 Januari 2014
Aam."Pengertian Kerja Tim".16 Januari 2014
Psychologymania."Pengertian Tim Kerja".16 Januari 2014
Seta Basri."Kelompok dan Tim dalam Organisasi".16 Januari 2014

KLIK DISINI untuk Bahasan yang Sama dari Kelompok 1 !!!




Kamis, 16 Januari 2014

Kelompok kerja dan Brainstorming internet
Brainstorming adalah kata yang tidak terlalu asing kita dengar, tetapi kita belum mengetahui apa itu brainstorming, kita hanya tahu kata brainstorming itu sendiri. Menurut http://bukan.sisilain.net/2012/01/brainstorming-adalah-pengertian.html brainstorming adalah sebuah perencanaan atau piranti yang digunakan untuk menampung kreatifitas kelompok dan biasanya digunakan untuk menjadikan alat konsensus maupun untuk menjaring ide-ide yang diperlukan. Maksudnya adalah suatu teknik untuk mengambil keputusan dengan cara menampung ide-ide dalam suatu kelompok. Ada beberapa macam model brainstorming yang diterapkan untuk menjaring ide-ide anggotanya (misalnya: dalam kelompok).
a. Verbal brainstorming
Dalam suatu kelompok para anggotanya saling bertukar pikiran yang dilakukan secara verbal yaitu lisan dengan tatap muka dan pertemuan langsung. Misalnya adalah Rapat kerja. 
b. Nominal brainstorming 
Penyampaian idenya dilakukan secara terpisah, para anggotanya tidak saling berinteraksi melainkan dengan menulis idenya di kertas atau computer. Berarti penyampaian idenya secara tulisan. 
c. Electronic brainstorming 
Para anggotanya saling bertukar pikiran atau ide melalui media elektronik. Biasanya media elektronik yang digunakan adalah berupa tools seperti group support system. 
Adanya brainstorming ini adalah untuk mengefektifkan kegiatan. Bila kita saling bertukar pikiran dalam kelompok pasti akan memudahkan kegiatan dan mudah untuk mengambil suatu keputusan.  Judul di atas adalah Kelompok kerja dan brainstorming internet. Apa sih hubungannya kelompok kerja dan brainstorming internet? Menurut saya ada hubungannya. Brainstorming merupakan suatu bentuk diskusi untuk mengumpulkan atau mengungkapkan suatu ide-ide atau gagasan , pendapat, informasi, pengetahuan dari semua anggotanya. Brainstorming internet ini masuk kedalam electronic brainstorming karena pasti menggunakan media elektronik untuk bisa menyambung jaringan ke internetnya. Para anggotanya saling bertukar pikiran menggunakan  laptop dengan menggunakan layanan jaringan internet. Berarti kelompok kerja dan brainstorming internet adalah suatu kelompok yang mengadakan diskusi untuk mengumpulkan atau mengungkapkan ide-ide atau gagasan dari tiap-tiap anggotanya menggunakan media elektronik seperti laptop tanpa harus bertatap muka langsung karena melalui internet yaitu dunia maya.

Sumber :
BSL."Pengertian Brainstorming".16 Januari 2014
No name."Pengertian dan Definisi Brainstorming".16 Januari 2014
Fahmi Hadiansyah."Teknik Pengambilan Keputusan".16 Januari 2014

KLIK DISINI untuk Bahasan yang Sama dari Kelompok 1 !!!








Psikologi dan Internet dalam Lingkup Interpersonal

Sejarah Komunitas Online
Pada era globalisasi, Internet sangat berkembang pesat karena seluruh masyarakat menggunakan internet sebagai kebutuhan seperti membantu orang dalam menyelesaikan tugas dan membantu orang untuk berkomunikasi dengan orang lain lewat dunia maya. Interkasi melalui internet merupakan alasan muncul lahirnya komunitas-komunitas online. Sebelum melanjutkan, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu komunitas dan sampai pada apa itu komunitas online. Komunitas menurut Wikipedia adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". (Wenger, 2002: 4). Jadi dapat disimpulkan bahwa komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi antar anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Misalnya komunitas terbentuk karena kesamaa hobi, kesamaan menggunakan media social seperti facebook, twitter, kaskus, dll, kesamaan idola. Setelah kita mengetahui apa itu komunitas , pasti kita bisa menjelaskan apa itu komunitas online. 
Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya. Menurut Jasmadi dan E- Media solusindo, Komunitas online merupakan tempat berbagi informasi dimana kita bisa menyumbangkan kemampuan kita untuk membuat komunitas yang solid. Komunitas online ini bisa dibilang komunitas maya (tidak nyata) karena  berinteraksi dengan orang lain dengan tidak bertatap muka secara langsung tetapi menggunakan internet untuk berinteraksinya. Komunitas online ini tumbuh karena didukung dengan banyaknya aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh para pengembang software untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut. Sedangkan pertemuan para onliner (sebutan untuk orang yang menggunakan online) di dunia nyata biasanya disebut dengan kopdar. Kopdar merupakan bentuk dari komunikasi yang nyata dari pelaku dunia maya dimana orang yang ikud kopdar bisa saling berkenalan secara langsung dan pribadi yang berbagi untuk sharing ilmu atau pengalaman. Komunitas online bisa seperti komunitas motor, idola, ataupun bisnis. 
Sekarang komunitas social semakin berkembang pesat, dari komunitas social pertama yang bernama Sixdegree.com sampai sekarang yang terbaru adalah google+. Menurut http://hasyahermansyah.blogspot.com/2013/11/pti-komunitas-online.html Pengguna sosial media seperti Facebook, Twitter, Blog, Kaskus, meningkat sangat pesat di Indonesia. Menurut data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta orang, sedangkan pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli 2010, pada pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia (2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini dapat membuktikan bahwa di Indonesia orang-orang suka berinteraksi dengan orang lain menggunakan media social. Berikut merupakan beberapa contoh dari macam-macam komunitas online yang terkenal didunia, yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berinteraksi dengan orang lain, seperti dibawah ini.
1. Kaskus
Kaskus merupakan forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 di Indonesia. Kaskus dibuat atau lahirnya kaskus pada tanggal 6 November 1999 oleh generasi pemuda Indonesia yang bernama Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus merupakan singkatan dari Kasak Kusuk. Situs ini bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus memilki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Biasanya pengguna kaskus berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia. Biasanya pengguna kaskus disebut dengan Kaskuser. Kaskus ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus ini biasanya membahas hobi dan kegemaran, bisnis, melakukan kegiatan atau acara seperti bakti social, dll.
2. Mig33
Mig33 (dibaca mig tiga tiga) adalah sebuah layanan aplikasi untuk mengirim pesan instan dengan telepon seluler. Mig33 merupakan komunitas telepon seluler terbesar pertama di dunia. Mig33 pertama kali dirilis pada bulan Desember 2005 yang ditemukan oleh Steven Goh dan May Lin Ng dari Australia. Pengguna mig33 ini dapat berkomunikasi dengan teman, bertemu orang baru, bertukar emoticon, mengirimkan kado virtual, dan bermain games. Pengguna juga dapat berkomunikasi melalui mengirim pesan instant seperti Yahoo! Messenger, google talk,MSN Messenger dan AOL. 
3. Facebook
Facebook bisa dikatakan sebagai komunitas online karena adanya interaksi dengan orang lain secara dunia maya. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas HarvardEduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Pengguna terlebih dahulu mendaftar sebelum dapat menggunakannya. Stelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna juga dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama. Di facebook biasa dikenal dengan fanpage. Fanpage adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya. Fanpage ini bisa berisi mengenai kesamaan idola atau hobi seperti fanbase film bollywood di Indonesia, Fanbase boyband/grilband korea, dll. Menurut Nadine Fanbase itu sendiri adalah suatu forum yang ditujukan untuk mendukung seorang idola. Fanbase ini bisa berupa forum (yang anggotanya bisa ketemu dan ngumpul) atau bisa juga berbentuk page di FB, account twitter, blog, dan webpage.
4. Blog
Blog adalah singkatan dari web log. Blog merupakan suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blog dipopulerkan pertama kali oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakuisisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Blog mempunyai fungsi sepereti dari sebuah catatatn harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan. Weblog memiliki fasilitas interaksi dengan pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar dari isi tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Blog mempunyai komunitas yang biasa disebut dengan komunitas blogger. Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari (para blogger) berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Kita tak bisa mengingkari bahwa komunitas online bisa berpengaruh terhadap psikologis seseorang. Jika seseorang rutin menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan disebuah komunitas secara psikologis bisa mempengaruhi emosional seseorang terhadap komunitasnya dan lingkungannya.

sumber :
Meidi."Komunitas online".4 Januari 2014
Wahyu ."Sejarah komunitas online".4 Januari 2014
Felik."Sejarah komunitas online social network".4 Januari 2014
Wikipedia."Media sosial".4 Januari 2014
Wikipedia."Komunitas".4 Januari 2014
Dedeh."komunitas online".4 Januari 2014
Wikipedia."Kaskus".4 Januari 2014
Wikipedia."Mig33".4 Januari 2014
Wikipedia."Facebook".4 Januari 2014
Wikipedia."Blog".4 Januari 2014
Hasya."Pti Komunitas Online".4 Januari 2014

KLIK DISINI untuk Bahasan yang sama dari Kelompok 1!!!


Resensi Buku

Judul Buku  : Yuk, Berhijab!
Pengarang  : Felix Y. Siauw
Visual  : Emeralda Noor Achni
Penerbit  : Mirzan
Kota Terbit  : Bandung
Tahun Terbit  : Juli 2013
Jumlah Halaman : 140
Sinopsis  : 
Buku “yuk, berhijab” merupakan sebuah media berdakwah melalui cerita atau tulisan mengenai wanita dan menutup aurat. Kebanyakan kaum Muslim, walau agama mereka Islam, memang awam dengan penampakan penutup aurat yang syar'i, yang benar menurut pandangan dalil-dalil Islam. Karena itu, sedikit sekali yang memperhatikan masalah menutup aurat ini.
Buku Yuk, Berhijab! akan mengupas tentang penutup aurat, khususnya bagi Muslimah. Dalam Al-Quran ada dua pakaian yang disyariatkan sebagai penutup aurat yaitu kerudung (Khimar) dan Jilbab. Penutup aurat bagi muslim inilah yang disebut Hijab
Awal dari isi buku ini menceritakan tentang bagaimana dunia memandang wanita, mulai dari peradaban kuno, romawi, cina kuno, hingga pandangan islam tentang wanita. 
Tulisan-tulisan ini merupakan salah satu media dakwah untuk membantu menjelaskan jawaban-jawaban untuk pertanyaan alasan yang membuat perempuan lebih memilih untuk tidak berhijab dulu dan juga menjawab kerancuan antara jilbab dan kerudung, bahkan menyamakan keduanya, dan mengenakan penutup aurat namun belum sempurna. 
Buku ini sangat menarik dari isinya karena tidak mencoba untuk mengajarkan tetapi lebih kepada sharing atu cerita seperti keteman-teman dengan diperkuat adanya dalil-dalil. Selain itu yang menarik dengan diberikannya ilustrasi dengan cerita yang terjadi pada kehidupan nyata dengan konsep seperti komik. 
Keuntungan
- Cover buku ini sangat menrik dengan warnanya dan tampilannya sederhana, sehingga pembaca langsung tertarik untuk membelinya dan membacanya. 
- Warna tulisan dan backgroundnya yang lucu karena berwarna dan didukung dengan gambar-gambar yang lucu , sehingga tidak membosankan pada saat sedang membaca.



- Ceritanya seperti dalam kehidupan sehari-hari dan kata-katanya mudah dicerna, sehingga dapat dengan mudah dipahami
- Kualitas kertasnya bagus, jadi tidak mudah kusut saat bolak-balik .
Kelemahan
- Pada catatan si benifiko warna latar dan warna orangnya terlalu mati sehingga menggangu mata dalam membacanya. 
- Pada tulisan putih dan background warna orange dapat membuat mata capek ketika membacanya.
- Pada biografi penulisnya kurang lengkap.
Kecocokan
Buku ini cocok untuk semua kalangan muslimah yang belum berhijab ataupun sudah berhijab dan dari remaja sampai dewasa. Buku ini sangat cocok karena tulisannya banyak pengetahuan mengenai bagaimana menutup aurat yang syar’i bagi perempuan.

KLIK Di SINI untuk Resensi dari Kelompok 1!!!
AisyahaskandariniAjrinsyarafina, AmadeashafiraAniandriani