Tersenyum

Tersenyum

Minggu, 30 Desember 2012

Manusia dan Cinta Kasih




Manusia Dan Cinta Kasih
Kebanyakan orang melihat masalah cinta ini pertama-tama sebagai masalah dicintai, lebih daripada itu masalah yang dicintai yaitu masalah kemampuan orang untuk mencinta, maka masalahnya bagi mereka ialah bagaimana supaya dicintai. Setiap oerang membutuhkan kebutuhan untuk mencinta dan dicintai.
Salah satu anugerah dari tuhan adalah cinta, ia ada di dalam setiap diri manusia, karena itu ia bersifat universal. Ia berkaitan dengan aspek terdalam pada diri manusia karena itu akal kita takkan mampu memahami hakikatnya dengan kata lain, cinta hanya untuk dirasakan bukan untuk dipikirkan. Sulit juga untuk dipungkiri bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia. Dalam perjalanan hidup, manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya cinta. Cinta akan selalu ada dalam suatu dimensi yang manusia. Manusia diciptakan  dengan penuh cinta, dan tanpa cinta manusia tak akan lahir. Manusia diciptakan di jagad bumi untuk mengembangan cinta dari tuhan sebagai khalifah  di muka bumi..
Manusia merupakan makhluk sosial yang dalam kehidupannya tidak dapat hidup sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain.dan cinta kasih itu adalah suatu perasaan yang dimiliki oleh semua manusia tanpa terkecuali yang dapat muncul dengan sendirinya baik itu kepada teman atau bahkan orang lain yang belum kita kenal sekalipun,oleh karna itu hubungan keduanya manusia dan cinta kasih memang sangat mempunyai keterkaitan.setiap manusia pasti mempunyai yang namanya rasa cinta kasih kepada sesamanya melalui perasaan yang di miliki oleh manusia, dan hal ini memang tidak bisa di pisahkan keduanya berjalan secara bersamaan,dan juga manusia harus mempunyai rasa cinta kasih terhadap siapapun tanpa terkecuali agar dapat tercipta kehidupan yang rukun dan damai satu dengan yang lainnya.
Cinta adalah curahan rasa peduli dari hati yang dimiliki setiap manusia terhadap apa yang membuat diri mereka nyaman terhadap sesama manusia dan mahluk lainnya. Cinta itu timbul karena adanya ketertarikan antara satu sama lain. Sedangkan kasih adalah rasa sayang terhadap sesama. jadi cinta kasih adalah rasa kepedulian manusia terhadap sesamanya maupun mahluk lain sehingga menimbulkan rasa kasih sayang.
Sedangkan Cinta Kasih adalah perasaan yang terdapat pada manusia yang meliputi rasa senang, sayang, suka, ataupun belas kasihan terhadap seseorang. Setiap manusia pasti memiliki rasa cinta kasih, karena memang sudah takdirnya dan merupakan kodrat manusia untuk saling menyayangi. Dan atas dasar itu, manusia dapat mempertahankan keturunannya.
Cinta kasih tidak hanya sekedar cinta belaka, akan tetapi cinta kasih itu timbul dari lubuk hati manusia yang sifatnya kekal dan tak akan pernah berubah. Dengan cinta kasih ini, manusia akan selalu berbahagia dan menderita di dalam hidupnya. Cinta sebagai keperluan fundemantal memang tidak mudah diterangkan atau didefenisikan. Selain itu juga manusia dan cinta kasih merupakan dua hal yang sangat penting terutama cinta kasih. Apa jadinya klo didunia ini tidak ada yang namanya Cinta kasih??. Tentu dunia ini akan penuh dengan individualisme,yang dimana hidup sendiri-sendiri, mengurus urasan masing-masing tidak memperdulikan lingkungan yang disekitarnya. Hal ini memang seharusnya dicegah oleh kita agar tidak terjadi dalam kehidupan manusia agar hal seperti di atas tadi tidak terjadi dan menjadi nyata.
Tetapi, menyatakan cinta adalah suatu orientasi yang menunjukan pada segalanya dan bukan kepada salah satu hal saja. Hal itu berarti tidak ada perbedaan diantara tipe-tipe cinta yang berdasarkan objek. Adapun tipe-tipe cinta adalah :
A.    Cinta Persaudaraan
Persaudaraan adalah cinta diantara sesama, tetapi sungguh baik jika kita sebagai sesame tidak selalu “sama” sejauh kita bersifatmanusiawi, kita ini semua membutuhkan bantuan orang.
B.     Cinta Keibuan
Adalah penguatan tanpa syarat terhadap hidup dan kebutuhan anak. Penguatan hidup anak mempunyai 2 segi, yang pertama adalah perhatian dan yang kedua adalah tanggung jawab yang mutlak perlu demi perkembangan hidup anak dan pertumbuhannya.
C.     Cinta terhadap Allah
Orang yang beriman, dengan aqidahnya ia dapat menembus rahasia alam, sehingga ia mencintai Allah pemberi kehidupan, sumber segala yang ada, sumber pertolongan dan bantuan. Ia akan mencintai Allah seperti cinta seseorang pada keindahan, ia telah melihat jejak ciptaannya di alam yang kokoh ini. "Dia-lah dzat yang telah memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan." (QS. As-Sajdah: 7)
mencintai Allah karena  manusia mencintai kesempurnaan. Pada hakekatnya tiada kesempurnaan selain kesempurnaan Allah SWT, mencintai Allah karena ia mencintai perbuatan baik. Jiwa manusia mempunyai watak mencintai orang yang berbuat baik padanya. Lantas perbuatan baik manakah yang dapat menyamai perbuatan Dzat yang telah menciptakannya dari tiada, dan menjadikannya sosok manusia yang sempurna? Lebih dari itu lagi, Allah telah menundukkan semesta alam ini hanya untuk manusia. "Apakah kalian tidak melihat bahwa Allah telah menundukkan untuk kalian apa saja yang ada di langit dan di bumi." (QS. Luqman: 20) .
Karenanya cintanya kepada Allah, mestinya melebihi cinta seorang manusia kepada kedua orangtuanya, bahkan melebihi cinta kepada istri, anak dan dirinya sendiri. Ia mencintai segala sesuatu yang datang dari hatinya dan segala sesuatu yang dicintai Allah. Ia mencintai kitabnya yang diturunkan untuk melepaskannya dari dari kegelapan menuju terang benderang, mencintai nabinya yang diutus sebagai rahmat kepada alam semesta, mencintai setiap manusia pelaku kebaikan dan perdamaian. Ia berdo'a seperti do'a Rasulullah SAW, "Ya Allah, berilah aku karunia mencintai-Mu dan mencintai orang-orang yang Kau cintai, dan jadikanlah cintamu itu lebih aku sukai daripada air yang dingin."
D.    Cinta hidup dan kematian
Seorang mu'min mencintai hidup seperti ia mencintai alam. Kehidupan bukanlah penjara yang harus dijauhi, akan tetapi merupakan missi yang harus dilaksanakan dan nikmat yang harus disyukuri. "Janganlah salah seorang dari kalian mengharapkan mati dan memohonnya sebelum datang kepadanya, karena sesungguhnya bila ia mati terputus amalnya dan bertambah umur seorang mukmin bertambah kebaikannya." (HR. Muslim). Orang mukmin mencintai hidup karena dengannya ia dapat menegakkan hak Allah di bumi, dan iapun mencintai mati karena dengan kematianlah ia dapat dengan segera menemui Tuhannya. "Barangsiapa mencintai bertemu dengan Allah, maka Allahpun mencintai bertemu dengannya." (HR. Bukhari-Muslim).
E.     Cinta diri sendiri
Freud beranggapan bahwa cinta adalah manifestasi nafsu sexual yang diarahkan kepada orang lain, diarahkan pada dirinya sendiri atau cinta diri. Berpegang bahwa pribadi yang mementingkan diri itu bersifat “narsisistis”, seolah-olah ia telah menarik cintanya dari orang lain dan mengalihkan nya pada diri sendiri.

Dalam kasus cinta persaudaraan ada kasus tentang seorang adik yang memiliki kakak yang keterbelakangan mental ( down syndrome ) ia memanggil kakaknya  dengan sebutan nama “loe”, yang berbeda dengan masa-masa kebelakang yang dimana setiap adik atau orang yang lebih muda memanggil ke orang lebih tua dengan sopan. Dan berani membentak ibunya. Ini adalah contoh kasusnya :
Ada gadis remaja yang bernama Angel yang berusia 15 tahun ,ia memiliki seorang kakak yang tidak normal atau bisa dibilang keterbelakangan mental ( cacat ) nama penyakitnya adalah down syndrome. Angel memanggil kakaknya dengan sebutan loe karena dia tidak bisa menerima keadaan kakaknya yang cacat atau down syndrome penyakit yang membuat pikiran nya walau sudah berusia 18 tahun tetapi berpola pikir mundur 10 tahun. Secara matematika , hendra yaitu nama kakaknya seperti anak yang baru berusia 8 tahun. Walaupun angel begitu malu memiliki kakak yang cacat dan sangat-sangat membencinya, namun sang kakak tidak pernah membenci angel sekecil apapun , Hendra tidak pernah bersedih hati, ia tetap setia memberikan kasih sayang seorang kakak terhadap adiknya.. contoh : ia setiap pagi selalu mengantarkan susu dan makan ke kamarnya angel,meskipun iya sudah dibentak-bentak angel untuk tidak menggangunya dan diusir dari kamar angel, ia selalu menabung untuk memberikan hadiah ulang tahun Angel,sebaliknya Angel tidak pernah memberikan hadiah ulang tahun untuk kakak nya. Ia lebih mementingkan memberikan hadiah ulang tahun untuk teman dekatnya ( pacar ) dan uang nya itu hasil dari pemberian si hendra.
Ada suatu kejadian yang membuat Angel Sadar bahwa Hendra adalah kakak segalanya di dalam keterbatasan yang hendra miliki, dia mungkin bukanlah kakak yang sempurna tapi dia adalah kakak yang terbaik yang diciptakan tuhan untuk ada disampingnya sebagai malaikat yang menjaga, mencintai bahkan menyelamatkan hidupnya. Suatu ketika Angel mengalami kecelakaan dimana tidak ada seorang pun yang mampu menyelamatkan nyawanya selain hendra. Demi cintanya kepada sang adik, Hendra rela berkorban apapun termasuk nyawanya sendiri untuk Angel dan akhirnya Angel menyadari dan menyesali bahwa selama ini dia terlalu jahat terhadap kakaknya.
Jadi kita sesama saudara tidak boleh saling membenci bagaimanapun keadaan atau fisik saudara kita, Karena merekalah yang akan rela mempertaruhkan nyawanya demi saudara nya sendiri dan merekalah orang yang tulus mencintai kita.
 sumber :
http://mirzaanggaraputri.blogspot.com/2010/10/hubungan-manusia-dan-cinta-kasih.html
http://fhnbarock.blogspot.com/2012/04/hubungan-manusia-dengan-cinta-kasih.html
http://vitopatresi.blogspot.com/2011/03/hubungan-manusia-dan-cinta-kasih.html
Mustopo, M.H,1983, Ilmu Budaya dasar Kumpulan Essay-Manusia dan Budaya, Surabaya  : Usaha Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar