Tersenyum

Tersenyum

Kamis, 16 Januari 2014

Kelompok kerja dan Brainstorming internet
Brainstorming adalah kata yang tidak terlalu asing kita dengar, tetapi kita belum mengetahui apa itu brainstorming, kita hanya tahu kata brainstorming itu sendiri. Menurut http://bukan.sisilain.net/2012/01/brainstorming-adalah-pengertian.html brainstorming adalah sebuah perencanaan atau piranti yang digunakan untuk menampung kreatifitas kelompok dan biasanya digunakan untuk menjadikan alat konsensus maupun untuk menjaring ide-ide yang diperlukan. Maksudnya adalah suatu teknik untuk mengambil keputusan dengan cara menampung ide-ide dalam suatu kelompok. Ada beberapa macam model brainstorming yang diterapkan untuk menjaring ide-ide anggotanya (misalnya: dalam kelompok).
a. Verbal brainstorming
Dalam suatu kelompok para anggotanya saling bertukar pikiran yang dilakukan secara verbal yaitu lisan dengan tatap muka dan pertemuan langsung. Misalnya adalah Rapat kerja. 
b. Nominal brainstorming 
Penyampaian idenya dilakukan secara terpisah, para anggotanya tidak saling berinteraksi melainkan dengan menulis idenya di kertas atau computer. Berarti penyampaian idenya secara tulisan. 
c. Electronic brainstorming 
Para anggotanya saling bertukar pikiran atau ide melalui media elektronik. Biasanya media elektronik yang digunakan adalah berupa tools seperti group support system. 
Adanya brainstorming ini adalah untuk mengefektifkan kegiatan. Bila kita saling bertukar pikiran dalam kelompok pasti akan memudahkan kegiatan dan mudah untuk mengambil suatu keputusan.  Judul di atas adalah Kelompok kerja dan brainstorming internet. Apa sih hubungannya kelompok kerja dan brainstorming internet? Menurut saya ada hubungannya. Brainstorming merupakan suatu bentuk diskusi untuk mengumpulkan atau mengungkapkan suatu ide-ide atau gagasan , pendapat, informasi, pengetahuan dari semua anggotanya. Brainstorming internet ini masuk kedalam electronic brainstorming karena pasti menggunakan media elektronik untuk bisa menyambung jaringan ke internetnya. Para anggotanya saling bertukar pikiran menggunakan  laptop dengan menggunakan layanan jaringan internet. Berarti kelompok kerja dan brainstorming internet adalah suatu kelompok yang mengadakan diskusi untuk mengumpulkan atau mengungkapkan ide-ide atau gagasan dari tiap-tiap anggotanya menggunakan media elektronik seperti laptop tanpa harus bertatap muka langsung karena melalui internet yaitu dunia maya.

Sumber :
BSL."Pengertian Brainstorming".16 Januari 2014
No name."Pengertian dan Definisi Brainstorming".16 Januari 2014
Fahmi Hadiansyah."Teknik Pengambilan Keputusan".16 Januari 2014

KLIK DISINI untuk Bahasan yang Sama dari Kelompok 1 !!!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar