Tersenyum

Tersenyum

Minggu, 26 Januari 2014

Kelompok Kerja Virtual
Kelompok bisa didefinisikan sebagai dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk meraih tujuan bersama-sama. Sedangkan Tim adalah suatu kelompok yang mempunyai keterampilan yang bisa dikatakan saling melengkapi satu sama lain (anggotanya) untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien (Hunsaker, 2001). Setelah liat pengertian dari kelompok dan tim adalah dua konsep yang sangat berbeda.
Kelompok kerja adalah kelompok yang anggotanya itu saling berinteraksi satu sama lain dan saling berbagi informasi untuk  membuat suatu keputusan atau penyelesaian dalam bidangnya masing-masing dari para anggotanya. Sedangkan pengertian dari tim kerja adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual (Stephen, Timothy 2008). Maksud dari pengertian diatas adalah  kinerja dari suatu tim akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan kerja per individu itu sendiri, karena dalam suatu tim para anggotanya saling melengkapi dalam hal berbagi informasi dan bisa saling mengoreksi dan bisa mencapai tujuan bersama. Tugas dari tim ini seperti membuat suatu produk, memberikan layanan jasa, dll. Tim ini memiliki jenis-jenis seperti tim penyelesaian masalah, tim  kerja yang mengelola diri sendiri, tim lintas fungsional, dan tim virtual. Saya akan menjelaskan mengenai tim virtual karena saya akan menjelaskan definisi dari kelompok kerja virtual. Tim virtual itu sendiri adalah tim yang menggunakan suatu teknologi canggih seperti Komputer yang bertujuan untuk menyatukan para anggotanya yang secara fisik itu tidak bertemu atau terpisah guna mencapai tujuan bersama. Jadi singkatnya adalah anggota tim tersebut berdiskusi tanpa harus bertemu melainkan menggunakan komputer,laptop,handphone yang melalui jaringan internet.  Virtual itu sendiri adalah hal yang tidak tampak atau tidak nyata, tidak face to face.
Kelompok kerja virtual ini bisa dikatakan kelompok unik dalam internet karena kelompok kerja ini dilakukan dalam dunia maya atau interaksi antar anggotanya tidak bertemu secara langsung (face to face) melainkan menggunakan jaringan internet untuk membuat suatu keputusan atau para anggotanya saling mengadakan diskusi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Kelompok kerja virtual ini memungkinkan anggota suatu kelompok saling bekerjasama lewat metode online melalui teknologi seperti email, pesan instan,dll. Meskipun mereka dipisahkan oleh Negara bahkan benua mereka tetap masih bisa saling berkomunikasi satu sama lain antar anggotanya. Di sini kelompok kerja virtual menurut http://meidi-rendi.blogspot.com/2012/10/kelompok-kerja-virtual.html adalah  sebuah "ruang kerja" yang berlokasi di dunia internet, di mana seorang individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk melaksanakan bisnis profesional atau pribadi tanpa memiliki "fisik" lokasi usaha. Kelompok kerja virtual ini memiliki tujuan yaitu mengefisiensikan kerja. Seperti menghematkan biaya, dalam hal ini adalah penggunaan kantor secara fisik. Saat ini, selain pemanfaatan “ruang kerja” di dunia maya, kelompok kerja virtual juga merupakan suatu aplikasi lengkap termasuk komunikasi yang professional. Kelompok kerja virtual berarti dalam berinteraksinya atau melakukan diskusi dengan sesama anggota atau 1 kelompok tidak bertemu langsung tetapi menggunakan media online dengan melalui jaringan internet.

sumber 
Nano."Komunitas online polarisasi kelompok".16 Januari 2014
Meidi Rendi."Kelompok Kerja Virtual".16 Januari 2014
 Wikipedia."Tim".16 Januari 2014
Aam."Pengertian Kerja Tim".16 Januari 2014
Psychologymania."Pengertian Tim Kerja".16 Januari 2014
Seta Basri."Kelompok dan Tim dalam Organisasi".16 Januari 2014

KLIK DISINI untuk Bahasan yang Sama dari Kelompok 1 !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar