Tersenyum

Tersenyum

Kamis, 16 Januari 2014

Resensi Buku

Judul Buku  : Yuk, Berhijab!
Pengarang  : Felix Y. Siauw
Visual  : Emeralda Noor Achni
Penerbit  : Mirzan
Kota Terbit  : Bandung
Tahun Terbit  : Juli 2013
Jumlah Halaman : 140
Sinopsis  : 
Buku “yuk, berhijab” merupakan sebuah media berdakwah melalui cerita atau tulisan mengenai wanita dan menutup aurat. Kebanyakan kaum Muslim, walau agama mereka Islam, memang awam dengan penampakan penutup aurat yang syar'i, yang benar menurut pandangan dalil-dalil Islam. Karena itu, sedikit sekali yang memperhatikan masalah menutup aurat ini.
Buku Yuk, Berhijab! akan mengupas tentang penutup aurat, khususnya bagi Muslimah. Dalam Al-Quran ada dua pakaian yang disyariatkan sebagai penutup aurat yaitu kerudung (Khimar) dan Jilbab. Penutup aurat bagi muslim inilah yang disebut Hijab
Awal dari isi buku ini menceritakan tentang bagaimana dunia memandang wanita, mulai dari peradaban kuno, romawi, cina kuno, hingga pandangan islam tentang wanita. 
Tulisan-tulisan ini merupakan salah satu media dakwah untuk membantu menjelaskan jawaban-jawaban untuk pertanyaan alasan yang membuat perempuan lebih memilih untuk tidak berhijab dulu dan juga menjawab kerancuan antara jilbab dan kerudung, bahkan menyamakan keduanya, dan mengenakan penutup aurat namun belum sempurna. 
Buku ini sangat menarik dari isinya karena tidak mencoba untuk mengajarkan tetapi lebih kepada sharing atu cerita seperti keteman-teman dengan diperkuat adanya dalil-dalil. Selain itu yang menarik dengan diberikannya ilustrasi dengan cerita yang terjadi pada kehidupan nyata dengan konsep seperti komik. 
Keuntungan
- Cover buku ini sangat menrik dengan warnanya dan tampilannya sederhana, sehingga pembaca langsung tertarik untuk membelinya dan membacanya. 
- Warna tulisan dan backgroundnya yang lucu karena berwarna dan didukung dengan gambar-gambar yang lucu , sehingga tidak membosankan pada saat sedang membaca.



- Ceritanya seperti dalam kehidupan sehari-hari dan kata-katanya mudah dicerna, sehingga dapat dengan mudah dipahami
- Kualitas kertasnya bagus, jadi tidak mudah kusut saat bolak-balik .
Kelemahan
- Pada catatan si benifiko warna latar dan warna orangnya terlalu mati sehingga menggangu mata dalam membacanya. 
- Pada tulisan putih dan background warna orange dapat membuat mata capek ketika membacanya.
- Pada biografi penulisnya kurang lengkap.
Kecocokan
Buku ini cocok untuk semua kalangan muslimah yang belum berhijab ataupun sudah berhijab dan dari remaja sampai dewasa. Buku ini sangat cocok karena tulisannya banyak pengetahuan mengenai bagaimana menutup aurat yang syar’i bagi perempuan.

KLIK Di SINI untuk Resensi dari Kelompok 1!!!
AisyahaskandariniAjrinsyarafina, AmadeashafiraAniandriani

1 komentar: