Tersenyum

Tersenyum

Kamis, 16 Januari 2014

Psikologi dan Internet dalam Lingkup Interpersonal

Sejarah Komunitas Online
Pada era globalisasi, Internet sangat berkembang pesat karena seluruh masyarakat menggunakan internet sebagai kebutuhan seperti membantu orang dalam menyelesaikan tugas dan membantu orang untuk berkomunikasi dengan orang lain lewat dunia maya. Interkasi melalui internet merupakan alasan muncul lahirnya komunitas-komunitas online. Sebelum melanjutkan, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu komunitas dan sampai pada apa itu komunitas online. Komunitas menurut Wikipedia adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". (Wenger, 2002: 4). Jadi dapat disimpulkan bahwa komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi antar anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Misalnya komunitas terbentuk karena kesamaa hobi, kesamaan menggunakan media social seperti facebook, twitter, kaskus, dll, kesamaan idola. Setelah kita mengetahui apa itu komunitas , pasti kita bisa menjelaskan apa itu komunitas online. 
Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya. Menurut Jasmadi dan E- Media solusindo, Komunitas online merupakan tempat berbagi informasi dimana kita bisa menyumbangkan kemampuan kita untuk membuat komunitas yang solid. Komunitas online ini bisa dibilang komunitas maya (tidak nyata) karena  berinteraksi dengan orang lain dengan tidak bertatap muka secara langsung tetapi menggunakan internet untuk berinteraksinya. Komunitas online ini tumbuh karena didukung dengan banyaknya aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh para pengembang software untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut. Sedangkan pertemuan para onliner (sebutan untuk orang yang menggunakan online) di dunia nyata biasanya disebut dengan kopdar. Kopdar merupakan bentuk dari komunikasi yang nyata dari pelaku dunia maya dimana orang yang ikud kopdar bisa saling berkenalan secara langsung dan pribadi yang berbagi untuk sharing ilmu atau pengalaman. Komunitas online bisa seperti komunitas motor, idola, ataupun bisnis. 
Sekarang komunitas social semakin berkembang pesat, dari komunitas social pertama yang bernama Sixdegree.com sampai sekarang yang terbaru adalah google+. Menurut http://hasyahermansyah.blogspot.com/2013/11/pti-komunitas-online.html Pengguna sosial media seperti Facebook, Twitter, Blog, Kaskus, meningkat sangat pesat di Indonesia. Menurut data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta orang, sedangkan pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli 2010, pada pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia (2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini dapat membuktikan bahwa di Indonesia orang-orang suka berinteraksi dengan orang lain menggunakan media social. Berikut merupakan beberapa contoh dari macam-macam komunitas online yang terkenal didunia, yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berinteraksi dengan orang lain, seperti dibawah ini.
1. Kaskus
Kaskus merupakan forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 di Indonesia. Kaskus dibuat atau lahirnya kaskus pada tanggal 6 November 1999 oleh generasi pemuda Indonesia yang bernama Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus merupakan singkatan dari Kasak Kusuk. Situs ini bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus memilki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Biasanya pengguna kaskus berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia. Biasanya pengguna kaskus disebut dengan Kaskuser. Kaskus ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus ini biasanya membahas hobi dan kegemaran, bisnis, melakukan kegiatan atau acara seperti bakti social, dll.
2. Mig33
Mig33 (dibaca mig tiga tiga) adalah sebuah layanan aplikasi untuk mengirim pesan instan dengan telepon seluler. Mig33 merupakan komunitas telepon seluler terbesar pertama di dunia. Mig33 pertama kali dirilis pada bulan Desember 2005 yang ditemukan oleh Steven Goh dan May Lin Ng dari Australia. Pengguna mig33 ini dapat berkomunikasi dengan teman, bertemu orang baru, bertukar emoticon, mengirimkan kado virtual, dan bermain games. Pengguna juga dapat berkomunikasi melalui mengirim pesan instant seperti Yahoo! Messenger, google talk,MSN Messenger dan AOL. 
3. Facebook
Facebook bisa dikatakan sebagai komunitas online karena adanya interaksi dengan orang lain secara dunia maya. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas HarvardEduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Pengguna terlebih dahulu mendaftar sebelum dapat menggunakannya. Stelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna juga dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama. Di facebook biasa dikenal dengan fanpage. Fanpage adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya. Fanpage ini bisa berisi mengenai kesamaan idola atau hobi seperti fanbase film bollywood di Indonesia, Fanbase boyband/grilband korea, dll. Menurut Nadine Fanbase itu sendiri adalah suatu forum yang ditujukan untuk mendukung seorang idola. Fanbase ini bisa berupa forum (yang anggotanya bisa ketemu dan ngumpul) atau bisa juga berbentuk page di FB, account twitter, blog, dan webpage.
4. Blog
Blog adalah singkatan dari web log. Blog merupakan suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blog dipopulerkan pertama kali oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakuisisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Blog mempunyai fungsi sepereti dari sebuah catatatn harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan. Weblog memiliki fasilitas interaksi dengan pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar dari isi tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Blog mempunyai komunitas yang biasa disebut dengan komunitas blogger. Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari (para blogger) berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Kita tak bisa mengingkari bahwa komunitas online bisa berpengaruh terhadap psikologis seseorang. Jika seseorang rutin menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan disebuah komunitas secara psikologis bisa mempengaruhi emosional seseorang terhadap komunitasnya dan lingkungannya.

sumber :
Meidi."Komunitas online".4 Januari 2014
Wahyu ."Sejarah komunitas online".4 Januari 2014
Felik."Sejarah komunitas online social network".4 Januari 2014
Wikipedia."Media sosial".4 Januari 2014
Wikipedia."Komunitas".4 Januari 2014
Dedeh."komunitas online".4 Januari 2014
Wikipedia."Kaskus".4 Januari 2014
Wikipedia."Mig33".4 Januari 2014
Wikipedia."Facebook".4 Januari 2014
Wikipedia."Blog".4 Januari 2014
Hasya."Pti Komunitas Online".4 Januari 2014

KLIK DISINI untuk Bahasan yang sama dari Kelompok 1!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar